Menggunakan Search Engine Di Internet

Terdapat banyak informasi yang tersedia di Internet, akan tapi bagaimana anda menemukan secara spesifik apa yang sedang anda cari? Search engine bisa mencari berdasarkan judul, kata kunci, atau teks. anda dapat memaksimalkan peluang search engine dengan mengenali bagaimana mereka bekerja, dan bagaimana menggunakannya secara efektif dan cepat.

Search Engine

Tantangannya ialah memasukkan Kata Kunci dengan Cara yang benar, sehingga anda tidak kewalahan karena hasil pencarian yang terlalu banyak, atau kecewa karena hasil pencarian terlalu sedikit atau bahkan sama sekali tidak menemukan apa yang anda cari.

Hal seperti ini bukanlah masalah keterampilan, dan seperti kebanyakan keterampilan lainnya, praktek membuat sempurna! Sebelum melakukan pencarian, penting untuk menentukan topik anda selengkap dan seringkas mungkin. Tuliskan informasi apa yang ingin anda cari, mengapa anda mencarinya, dan apa yang tidak ingin dicari. Hal ini akan membantu anda untuk menemukan kata kunci terbaik untuk melakukan pencarian.

Berikut ini Ryzen akan mengulas  bagaimana cara memaksimalkan Search Engine pada Internet untuk mempermudah mendapatkan apa yang anda cari

Kata Kunci
Ada search engine yang bisa menggunakan pertanyaan untuk melakukan pencarian, tapi sebagian besar bisa bekerja lebih baik jika anda memberikan beberapa kata kunci. Lalu bagaimana menentukan kata kunci yang akan memberikan hasil pencarian terbaik?

Sebagian besar pengguna memasukkan satu sampai lima kata kunci per pencarian, yang sebenarnya kurang cukup untuk melakukan pencarian yang efektif. Sebaiknya gunakan enam sampai delapan kata kunci maksimal, yang dipilih secara seksama dan sebaiknya kata benda dan obyek benda. Hindari kata kerja dan gunakan pengubah hanya ketika itu membantu anda untuk menemukan objek lebih tepat, misalnya ”keju cheddar” daripada ”keju”. Sekarang setelah memiliki kata kunci. Bagaimana memasukkannya ke dalam search engine?

Gunakan Frase
Kombinasi kata kunci yang paling kuat adalah frase. Frase adalah kombinasi dari dua kata atau lebih yang harus ditemukan dalam dokumen yang ingin anda cari dengan susunan persis seperti yang dimasukkan.

Masukkan frase ”keju cheddar” ke search engine dalam tanda kutip. Beberapa search engine menyediakan opsi khusus untuk frase. Namun, perlu kita ingat, bahwa tidak semua search engine memperbolehkan penggunaan frase dalam tanda kutip. Periksa bagian ”Help” search engine yang Anda gunakan untuk memastikannya.

Gunakan Istilah Untuk Hasil Lebih Spesifik
Kata-kata yang anda pilih akan menentukan informasi yang anda temukan. Karena beberapa kata umumnya memiliki lebih dari satu arti, jadi harap maklum jika hasil pencarian tidak sesempurna seperti yang anda harapkan. Meskipun demikian, cobalah untuk menggunakan kata-kata yang spesifik dan mendeskripsikan apa yang Anda cari.

Gunakan Direktori
Direktori, seperti apa yang digunakan oleh Yahoo, mengelompokkan situs ke dalam kategori. Gunakan kategori ini untuk memfokuskan pencarian Anda.

Gunakan Metasearch Dan Bahasa Alami
Tool MetaSearch, seperti StarPage (https://www.ixquick.com/) dan SurfWax (http://lookahead.surfwax.com/) merupakan tool yang baik untuk memulai penelitian anda. Meskipun hasilnya jarang sebaik search engine populer, Metasearch cocok untuk memperdalam suatu topik dan mengumpulkan kata kunci dan informasi lainnya.

Setelah menggunakan tool MetaSearch, pertajam hasil pencarian dengan menggunakan tool pencari lainnya. Pencarian dengan bahasa alami seperti pada AskJeeves (http://www.aj.com/) bisa digunakan untuk melakukan pencarian dalam bentuk pertanyaan. Menerjemahkan pencarian dalam bentuk pertanyaan seringkali membantu untuk mempertajam informasi yang ingin anda dapat.

Gunakan Tanda Minus (-) Untuk Mempersempit Pencarian
Berapa kali anda mencari suatu kata dan search engine menampilkan hasil yang sama sekali tidak terduga? Kata yang mempunyai beberapa arti dapat mendatangkan banyak hasil yang tidak diinginkan. Tanda minus dapat menghilangkan itu dengan mempersempit pencarian. Ia ekivalen dengan Boolean NOT.

Sebagai contoh, ketika mencari caterpillar, anda bisa saja mendapatkan Caterpillar Inc.. Gunakan caterpillar-Inc untuk mengeluarkan hasil yang berhubungan dengan perusahaan atau caterpillar –Inc -cat untuk lebih mempersempit pencarian.

Jangan Menggunakan Istilah Umum Dan Tanda Baca
Istilah umum seperti a dan the disebut stop word dan biasanya diabaikan. Tanda baca juga biasanya diabaikan. Tapi ada pengecualian. Istilah umum dan tanda baca harus digunakan ketika mencari
sebuah frase di dalam tanda kutip.

Ada situasi di mana istilah umum seperti the bermakna signifikan. Misalnya, Raven dan The Raven menampilkan hasil yang sama sekali berbeda. Tidak Ada Huruf Besar, Huruf Kecil Kebanyakan search engine tidak membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, meskipun dalam tanda kutip. Teknologi, TEKNOLOGI, teknologi, ”teknologi”, ”Teknologi”, semuanya sama.

Hilangkan Akhiran
Biasanya yang paling baik adalah memasukkan kata dasar saja sehingga Anda tidak mengabaikan halaman yang relevan. Sebagai contoh, snake saja jangan snakes, move saja jangan moved. Kecuali jika Anda mencari situs yang berfokus pada tindakan pemindahan misalnya, maka masukkan keseluruhan kata moving.

Maksimalkan Autocomplete
Mempersempit kata kunci dari umum ke khusus akan menampilkan hasil pencarian yang mendekati dan cara yang paling efisien adalah menggunakan AutoComplete. Memilih kata kunci yang sesuai ketika muncul akan menghemat waktu pengetikan. Anda memiliki beberapa pilihan untuk menggunakan fitur AutoComplete.

Pertama, gunakan Google AutoComplete. Halaman awal Google yang biasa (http://www.google.com) akan menampilkan daftar saran yang diberikan oleh search engine Google. Opsi ini berguna untuk menemukan pencarian yang sama dan berhubungan. Sebagai contoh, mengetik Kentucky Fried Chicken franchise tidak hanya akan menampilkan Kentucky Fried Chicken franchise tapi juga Kentucky Fried Chicken franchise information.

Kedua, gunakan AutoComplete browser. Buka http://www.google.com/webhp?complete=0 untuk menonaktifkan fitur AutoComplete Google dan menampilkan daftar pencarian anda sebelumnya. Hal ini sangat berguna jika anda sudah melakukan banyak pencarian pada waktu sebelumnya. Perlu dicatat, bahwa fitur AutoComplete browser harus dihidupkan supaya cara ini dapat bekerja.

Gunakan Historis Browser
Sering kali ketika mencari sesuatu dan melihat puluhan halaman tiba-tiba anda sadar akan sesuatu yang tadinya dianggap tidak relevan. Bagaimana caranya agar bisa dengan cepat kembali ke situs yang tadi anda lewati? Anda dapat mencoba mengingat kata-kata yang sebelumnya digunakan untuk mencari dan kemudian melihat hasilnya untuk mendapatkan situs yang tepat.

Namun, ada cara yang lebih mudah. Jika anda dapat mengingat tanggal dan waktu pencarian, anda dapat mencari halaman Web di historis Web browser.

Gunakan Beberapa Search Engine
Setiap search engine berbeda dan akan memberikan hasil yang berbeda. Jika anda tidak dapat menemukan apa yang dicari dengan search engine pertama, ada banyak search engine lain di luar sana yang mungkin dapat memberikan informasi lebih lanjut.

Kenali Search Engine Anda
Kadang Anda hanya menggunakan fitur yang paling menonjol. Namun, kebanyakan search engine memiliki berbagai macam opsi pencarian lanjutan. Semuanya untuk keuntungan anda dan dapat membantu membuat pencarian anda agar lebih efektif. anda bisa mencoba Google, Yahoo!, Bing, Startpage, atau Lycos.

Gunakan Find Atau CTRL + F Untuk Navigasi Hasil
Seringkali sulit untuk memahami mengapa sebuah situs bisa masuk dalam hasil pencarian. Fitur Find atau Ctrl+F akan mempercepat anda dalam mencari teks di situs dan menemukan kata kunci tertentu.


0 Response to "Menggunakan Search Engine Di Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel