Microsoft Mulai Memblokir Aplikasi Yang Tidak Diinginkan

Dimulai dengan versi Microsoft Edge saat ini, Microsoft akan mulai memblokir adware, penambang Bitcoin, dan aplikasi lain yang tidak diinginkan yang terkadang menyertai aplikasi yang diunduh pengguna dari web.

Microsoft

Microsoft Edge versi 80 berisi menu Pengaturan baru dengan opsi untuk "Memblokir aplikasi yang mungkin tidak diinginkan," yang berfungsi bersama dengan Microsoft Windows Defender SmartScreen Windows untuk mendeteksi dan memperingatkan terhadap apa yang disebut Microsoft PUA, atau Aplikasi yang Mungkin Tidak Diinginkan. (Microsoft telah mencantumkan apa yang dianggap sebagai Common PUAs di sini.)

Jika diaktifkan, Edge akan memblokir aplikasi ini secara default, meskipun anda akan memiliki opsi untuk mengabaikan keputusan Microsoft dan memungkinkan aplikasi untuk mengunduh dan menginstal
Microsoft Edge PUAs Warning

Opsi baru membawa perlindungan bawaan Windows sendiri ke arah yang berbeda. Hingga saat ini, upaya Microsoft telah difokuskan terutama pada malware. Jawaban perusahaan untuk itu adalah Microsoft Store, yang memiliki daftar aplikasi yang dikuratori yang telah disetujui Microsoft. Tetapi jauh lebih banyak aplikasi dapat diunduh dari toko aplikasi pihak ketiga atau dari web itu sendiri, di mana pengguna harus bergantung pada kepercayaan penulis aplikasi tersebut.

Terlebih lagi, Microsoft menjelaskan bahwa PUA bukan malware. Adware atau cryptominers tidak harus membahayakan PC Anda; mereka hanya memperlambatnya. Beberapa aplikasi anti-malware sudah mengidentifikasi aplikasi seperti cryptominers dan memblokirnya. Kode Microsoft sekarang berusaha untuk mengendus aplikasi yang didukung yang dibundel dengan aplikasi yang tidak berbahaya.


Perlindungan Edge terhadap PUA dinonaktifkan secara default, meskipun mereka dapat dihidupkan dengan masuk ke Menu Pengaturan Edge, lalu ke Privasi dan Layanan> Layanan> Blokir aplikasi yang mungkin tidak diinginkan. Jika PUA terdeteksi, Anda akan melihat pemberitahuan, seperti gambar yang ditampilkan diatas. kemudian anda akan memiliki opsi untuk menolak aplikasi sepenuhnya, atau memberi tahu Microsoft bahwa itu boleh diunduh. Microsoft akan menerima umpan balik ini dan memasukkannya, kata Microsoft dalam posting blog.

0 Response to "Microsoft Mulai Memblokir Aplikasi Yang Tidak Diinginkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel